pasang iklan disini

4 Alasan Belajar Desain Grafis


Karya Bercerita - Saat ini, apa saja kebutuhan orang sudah dibuat sekreatif mungkin. dari segala properti media yang dipakai untuk promosi seperti poster, pamflet, sampai dengan laman web, aplikasi smartphone dan sebagainya. Desain yang bagus dan menariklah yang membuat segala hal yang biasa-biasa saja menjadi barang yang luarbiasa dicari banyak orang. Maka dari itu kenapa penting kita perlu belajar desain, yahh setidaknya kita paham dengan konsepnya. Nggak perlu belajar yang rumit-rumit disini jika kalian gak punya waktu. Setidaknya, kalian bisa belajar dan paham dasarnya saja. 

Jadi kenapa sih, kita perlu belajar desain grafis, ini dia alasanya. silahkan disimak yaa kawan....

1. Punya Bahan Postingan di Media sosial yang Keren

Siapa sih yang gak pengen punya postingan yang menyita ketertarikan teman-temannya di sosial media. tentu semuanya pasti ingin bukan? lalu, bagaimana cara kita membuat postingan yang bagus, keren, dan tentunya menarik? yaahh punya gambar postingan yang keren biasanya kebanyakan orang akan pergi ketempat yang bagus tapi biasanya tempat-tempat itu jauh dan mahal. namun tak selamanya gambar yang bagus didapat dari tempat-tempat yang mahal dan jauh, kalian bahkan bisa buat yang lebih menarik hanya dengan foto biasaa-biasa saja dan diberi sedikit sentuhan desain grafis maka bisa jadi ketika anda memostingnya di akun sosial media milikmu banyak yang memuji dan menyukai postinganmu, dan biasanya postingan seperti ini jauh lebih berbobot dan berkualitas.

walau membuat desain di postingan ini bisa dibilang hanya kegiatan iseng, namun bagiku  kegiatan ini bisa dijadikan sarana latihan desain. Semakin sering kamu membuat desain postingan media sosial, kamu akan semakin mahir dalam mendesain. Kamu akan semakin memahami kombinasi warna yang baik, kombinasi font yang baik, serta kombinasi-kombinasi lainnya yang membuat desainmu lebih memikat. dan yang paling penting adalah kebanyakan dari komentar-komentar pada postinganmu akan menilai desain yang kamu buat. terima segalanya baik kritik maupun saran untuk gambarmu, itu akan membuatmu semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

Nahh kalau banyak yang senang dengan karya-karyamu kamu bisa saja mendapatkan orang yang benar-benar menyukai apapun darimu dan kemudian memberimu pekerjaan. Dan pastinya jika semua desain yang dipostinganmu membuat banyak yang tertarik tentu akan banyak yang mengikutimu. dengan pengikut atau Follower yang banyak tersebut bisa kamu jadikan prospek bisnis jika kamu benar-benar menekuninya.

2. Pesanmu Akan Lebih Tersampaikan

Semakin Kedepan kita sudah sulit untuk memberitahu atau mengajak orang banyak hanya dengan tulisan-tulisan yang panjang lebar kita, kenapa...? karna kebanyakan orang saat ini sudah bosan dengan membaca buku, bahkan yang tebalnya tidak sampai 10 lembar, hal itu membuat bosan. Misal, kamu ingin mengajak orang-orang untuk Menjaga Kebersihan. Dengan media ajakan yang biasa, orang-orang mungkin akan berfikir “Ah buat apa aku ikuti gerakan-gerakan aneh seperti itu” atau “Ahh, ngapain begitu, buat apa kan sudah ada petugas kebersihan” dan lain sebagianya.

Di sini kemampuan desain grafis yang kreatif diperlukan. Dengan konten kampanye kreatif, pesanmu akan lebih tersampaikan dan diingat oleh orang-orang. Apalagi jika ditunjang dengan tagline atau kata-kata yang shareable via sosmed. Gerakam sosial yang kamu buat akan lebih mudah di share dan juga banyak yang akan setuju denganmu.

Apalagi jika kamu ingin menyampaikan apapun yang menjadi unek-unek atau sesuatu yang mengganjal dihatimu, kamu dapat menyampaikan semuanya lewat desainmu, seperti dengan gambaran sesorang duduk termenung sendirian menatap keluar jendela yang diluar sedang turun hujan, kemudian di berikan Typografi "ALONE" atau "MISS U" dan lain sebaginya, setidaknya orang yang memiliki pendapat dan perasaan yang sama denganmu akan setuju sekali dan bahkan memajang karyamu itu.

3. Mempermudah Promosi Bisnismu.

Salah satu tantangan dalam berwirausaha adalah membuat orang-orang menyadari kehadiran bisnismu itu. Kalau istilah kerennya yaitu brand awareness. Mungkin kamu bisa menarik pelanggan dengan modal promosi via media sosial. Tapi dengan modal tersebut, apakah kamu sudah yakin para pelanggan akan teringat dengan barang yang kamu jual atau kamu sebagai penjual yang kemudian membuat mereka kembali lagi kepadamu? jika kamu berjualan dimedia sosial tentu jelas banyak sekali pesaing yang merekapun menjual hal yang sama denganmu. tentu hal ini membuat konsumen akan memilih penjual yang mereka ingat, lalu bagimana cara agar mereka mampu mengingatmu? yaa, dengan adanya brand shop ini akan membuat mereka ingat dengan toko onlinemu, untuk itu dibutuhkan desain brand shop yang bagus dan mudah diingat orang.

Selain itu, di sini kemampuan desain grafis yang kamu miliki akan sangat berguna. Kamu bisa mendesain hal-hal yang bisa membantu promosi usahamu, mulai dari sekadar poster, pamflet, atau flyer. Untuk mengurangi biaya produksi, poster tersebut tak perlu dicetak, cukup share saja ke media sosialmu. buatlah desain dengan layout atau tampilan dan tatanan yang menarik, kamu bisa membaca di postingan-postingan membuat layout di blog ini. hal ini akan membantu bisnismu dalam menarik pelanggan.

Kalau bisa desain grafis, promosi bisnis jadi mudah. Dengan konten-konten promosi yang kreatif, harapannya orang-orang akan tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Apalagi kalau konten promosimu bagus dan konsisten pada setiap desainnya, Artinya kamu memiliki desain yang khas dari media promosimu orang-orang pasti bisa ingat pada bisnismu. Sangat besar kemungkinan mereka akan kembali lagi untuk memesan produk atau jasa milikmu.

4.Membuat CV (Curriculum Vitae) dengan tampilan yang menarik

Walau sebenarnya isi dari CV itu lebih penting daripada tampilannya, Namun tidak ada salahnya bukan untuk membuat tampilan dari CV milikmu lebih menarik. Seperti mendesain postingan sosmed, mendesain CV secara kreatif bisa menjadi sarana latihan untuk meningkatkan kemampuan desain grafismu.

CV yang memiliki nilai menarik akan menentukan posisi tawarmu pada sebuah perusahaan yang kamu lamar. Lalu, Bagaimana jika idak diterima? Tidak perlu khawatir, kamu bisa menjadikan hal ini sebagai peluang untuk berbisnis. misalnya Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan CV kreatif ke teman-temanmu atau siapa saja yang sedang mencari pekerjaan. Tidak usah terlalu mementingkan bayaranya, yang pasti tidak seberapa, namun hal ini akan melatih kemampuanmu dan juga jam terbangmu dalam seni desain grafis, dengan menciptakan karya-karya yang dibutuhkan orang lain. Bisa jadi kedepannya kamu akan mendapatkan kesempatan yang lebih baik lagi dalam dunia desain grafis.

manfaat belajar desain grafis
manfaat belajar desain grafis corel draw
manfaat dari belajar desain grafis
tujuan belajar desain grafis

      Setelah membaca rentetan penjelasan diatas apa kamu tertarik dalam dunia desain grafis ? banyak cara untuk belajar desain grafis, dan semua itu mudah asal ada kemauan dalam belajar. dan sepertinya itu berlaku untuk semuanya. 

jangan terpancing oleh software desain grafis, gunakan satu saja jika kamu pemula misal, jika kamu sedikit bisa dengan corel draw maka tekunilah di corel draw cari tutorial-tutorial di internet. jangan terpancing untuk pindah ke software lain misal photoshop, hal ini akan membuat fokusmu terganggu dan tentu membuatmu lebih lama dalam memahami untuk membuat suatu desain.

jika kamu merasa tidak punya banyak waktu kamu bisa membuatnya di canva, disini lebih mudah dipahami dan buatlah sesukamu, kemudian mintalah orang lain untuk mengoreksi desainmu. hal ini akan membantumu meningkat seiring berjalannya waktu.

17 comments

jadi hampir sama seperti desain web nih

Semua alasannya masuk akal menurut ane gan..

setuju sama 4 alasan diatas gan, btw postingannya rapi banget sub back ke blog saya yah :)

penting si, tapi kaga ada yang mau ajarin jadi gimana mau belajar..

+ bisa membuat photo2 keren juga klau belajar desain grafis

bener gan jadi lebih bagus dilihatnya kalo sudah paham tentang desain grafisnya

ane juga lagi belajar ini gan heheh xD

Bisa velajar private ga nih soalnya mau desain baju buat d bikin usaha

Setelah baca , saya rasanya ingin belajar design grafik , mantap gan artikelnya .

Saya anak Grafis om dan saya suka artikel ini, keren

sepertinya yang nomor 4 itu penting banget gan, ane juga sudah mikir tentang CV ane besok seperti apa dan bagaimana, tapi untungnya saya sudah punya bekal untuk desain walaupun baru sedikit dan masih nubi banget xD

Dapet juga buat persentasi besok sklh, sangat membantu bngt,thx min atas info nya.

bener banget, gua rasa desain grafis termasuk luas seperti seni, yang tidak dapat semua orang bisa menilainya. saya mulai belajar desain grafis, kalau boleh tau paling paling mudah belajar melalui mana ya? share dong

Mantap gan.. jadi pengen belajar desain grafis


EmoticonEmoticon