pasang iklan disini

Hal-hal yang Perlu di Perhatikan Dalam Mendesain Logo


      Karya Bercerita - kali ini kita akan membahas lagi seputar mendesain logo dalam Desain grafis, dimana desain grafir adalah salah satunya yang merupakan bidang yang paling menuntut menurut saya, terlebih lagi adalah ketika seorang desainer sudah dihadapkan dengan sebuah proyek pembuatan logo. Seorang desainer grafis harus benar-benar dituntut untuk bisa membuat sebuah desain logo yang ekslusif dan tentunya komunikatif alias tepat audiens(sasaran). Disamping itu tentunya hal ini juga berpengaruh pada kepuasan klien, yang akan menjadikan kita sebagai mitra untuk kemudian harinya lagi.

Bayangkan saja ketika kalian dalam mendesain logo hanya mengutamakan kepuasan target audiens atau bahkan suka-suka kalian aja, tanpa memperdulikan apapun yang diinginkan klien maka hal ini bisa berakibat buruk, mereka tidak mau lagi menjadikan kalian sebagai desainernya atau malah membatalkan semuanya, yaaa kann jelas kita rugi yaahhh.....

Oke, Berbicara mengenai mendesain logo, jelas kita semua sudah paham bahwa logo merupakan sebuah lambang, juru bicara dan tanda pengenal bagi sebuah perusahaan baik secara internal maupun eksternal atau global. yang artinya, Logo harus dirancang dengan sangat baik, tidak membingungkan konsumen ketika melihatnya, sederhana, singkat, jelas dan tajam sarat makna sehingga akan mudah difahami dan menarik hati pelanggan ketika melihatnya.

Berikut ini kami akan memaparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan bagaimana dalam mendesain logo seharusnya dibuat. Ini akan sangat berguna bagi kalian yang sedang mencari inspirasi untuk projek desain Kalian atau untuk Kalian yang masih pemula dibidang desain grafis. ketika kalian ingin membuat suatu projek desain maka tentunya harus ada poin-poin pokok yang harus kalian pahami sebelum membuat desain logo yang diinginkan.

Adapun beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mendesain logo adalah sebagai berikut :

1. Logo harus Sejalan
sebelum membuat desain logo terlebih dulu lihat gambaran perusahaan atau apa bergerak dalam bidang apa perusahaan tersebut, hal ini harus sejalan karena pada akhirnya nanti logo bertujuan untuk mengenalkan perusahaan. misal perusahaan tersebut bergerak dalam bidang produksi konsumsi pangan, Catering misalkan maka icon logo tersebut berbentuk "topi koki" atau "cake", contoh lagi jika bergerak dalam bidang otomotif maka ikon utamanya berbentuk mobil atau mesin sehingga mampu menggambarkan secara singkat visualisasi umum mengenai perusahaan tersebut.

2. Kesederhanaan
point yang paling penting juga adalah mempertimbangkan aspek kesederhanaan atau simpel, sebuah logo yang baik adalah logo yang mampu memperkenalkan identitasnya hanya dengan kesimpelannya, namun walau terlihat sederhana tidak menghilangkan estetika dari logo tersebut, contohnya seperti logo nike, sangat simple hanya berbentuk seperti checklist saja namun memiliki arti tersendiri dan mampu masuk kedalam persepsi audiens ketika melihat simbol checklist maka teringat secara sendirinya dengan logo Nike.

logo yang ramai sangat membingungkan audiens, walau terlihat keren dengan kombinasi berbagai rupa. kebanyakan dari logo yang sangat ramai tidak berlangsung lama pasti akan segera di revisi karena saat ini logo yang ramai dan terkesan membingungkan tidak disukai pelanggan dan klien.

3. warna logo
Dalam hal membubuhkan warna pada logo jangan membuat rumit warna, maksudnya jika warna menjadi prioritas utama maka hal ini akan merepotkan pihak pengguna logo misalkan warna gradasi antara orange-blue navy, ketika mereka hendak menfotocopy logo tersebut akan berganti warna hitam-putih, artinya hal ini akan merubah nilai makna dari logo tersebut.

alangkah baiknya membuat logo dengan warna yang tegas tanpa gradasi yang bercampur-campur warnanya, buatlah dengan membuat warna logo lebih tegas atau flat dengan diberi contoh monocrhome logo tersebut, apakah tetap baik estetika logo tersebut atau malah terkesan kurang enak di pandang.

4. Perhatikan Proporsionalitas
Sebuah logo enak dilihat ketika terlihat pas dan natural dari segi bentuk, yang artinya ukuran bentuk logo tersebut proporsional, tidak terkesan "peok/gepeng" yang terkesan "dipaksa" panjang atau di pendekkin, sehingga kurang enak untuk di pandang, hal ini akan membuat bosan para konsumen ketika melihat hal semacam itu.

yaa sama halnya jika kita membaca artikel di suatu website, dan ketika kita ingin melihat gambarnya sebagai penjelas namun malah gambar yang diberikan "Peok/Gepeng".... yaa kaannn seolah-olah keinginan kita untuk tahu ilang gitu aja.....

5. Mengatur Teks dan objek
Memisah antara teks dan objek utama logo bertujuan untuk menghindari kesan crowded atau ramai, sehingga menimbulkan kebingungan audiens dalam membaca logo tersebut.
Meletakkan teks terpisah dan rapih akan memperjelas makna dari simbol/logo tersebut, dalam hal ini kalian harus memahami tata layout yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya.

6. Memberikan Konsistensi Logo
Yang selanjutnya ketika logo tersebut telah jadi maka usahakan untuk mempublishnya kesemua bagian dalam perusahaan, yaitu mulai dari cap, kop surat, akun sosial media, website, dll. hal ini bertujuan agar mampu menanamkan lebih awal persepsi audiens kepada logo dan juga sebagai ciri khas dari perusahaan tersebut. inilah yang dimaksud dengan logo marketing, memasarkan logo atau brand jauh lebih penting sebelum mempromosikan barang secara fisik.

7. Jangan Terlalu cepat Merubah Logo
jika Kalian membuat logo kemudian sudah terlanjur mempublishnya dan kebanyakan orang sudah mengetahuinya namun, kalian merasa kurang suka dengan logo tersebut maka jangan langsung merubahnya, hal ini bisa berakibat buruk pada marketing produk karena tidak ada konsistensi sebuah logo tersebut.
biasanya perusahaan-perusahaan bersar pun merubah logonya secara bertahap dan juga dengan rentan waktu yang lama seperti setahun sekali saat adanya perubahan sistem perusahaan atau pergantian kepemimpinan sehingga adanya tujuan dan filosoi perusaahaan yang dirubah.

Oke guys, hanya ini saja pokok-pokok penting yang harus kita perhatikan dalam pembuatan logo dan Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dalam menambah wawasan mengenai pembuatan sebuah logo. dan juga mampu meningkatkan lebih baik kemampuan kalian dalam menggabungkan elemen filosofis perusahaan menjadi sebuah logo yang utuh dan sarat akan makna tanpa harus menjiplak/plagiasi dari hasil karya orang lain.
Yaa, Sekian Selamat dan semangat berkarya.....!

5 comments

Banggg mnta tlg promosiin blog saya lagi dong yg entri berikutnya beneran asli fb saya kekunci sementara T0T
http://sleepyhead1998.blogspot.co.id/2017/03/be-u-self-and-tell-about-my-style-part-i.html

Ternyata mendesign sebuah logo harus ada planingnya gan , klo saya mah langsung aja buat logo nya :D

mantap mas,bisa jadi pedoman saat buat logo nanti


EmoticonEmoticon