pasang iklan disini

Trend Desain Logo Tahun 2017 keren


   Karya Bercerita - Dewasa ini banyak sekali orang maupun perusahaan yang ingin memiliki brand tersendiri yang artinya juga mereka membutuhkan logo. lalu bagaimana cara agar baranding yang di sampaikan tersebut mampu menarik, yaaa sudah jelas selain daripada marketing adalah icon logo brand yang tentunya harus mampu membuat daya tarik tersendiri, nahh untuk memperoleh hal tersebut kita perlu memahami apa sih desain logo yang sedang/menjadi trend pada tahun 2017 ini ? 

Oke guys, kali ini kita telah mencari informasi survey dari beberapa sumber situs desain seperti dribbble, behance, pinterest dan lainnya serta mencari informasi dibeberapa blog luar yang membahas desain. Akhirnya kami menyimpulkan beberapa jenis desain logo favorit dan dipredeksi akan menjadi sebuah trend baru di tahun 2017.

Pada dasarnya Semua desain logo ini bisa di jadikan acuan/dasar dalam mendesain untuk di ajukan kepada klien bahkan beberapa diantaranya sudah sangat populer dan menjadi trend beberapa tahun belakangan seperti Negative Space, Line Art, Vintage Logo dan lainnya.

Trend desain logo tahun ini lebih kearah "minimalis" seperti penyederhanaan typografi dan bentuk logo namun masih tetap mempertahankan juga menyempurnakan estetika(keindahan) desain tersebut. Hal ini mungkin di pengaruhi oleh Flat Desain dan Metro Desain yang populer beberapa tahun yang lalu.

Berikut adalah desain logo yang populer dan trend di tahun 2017 :

1. Broken Letter
di tahun ini pada kreatif desainer mulai mencoba untuk bereksperimen dengan huruf (letter). Mereka membuat patahan/pemisah diantara sebuah huruf sehingga menghasilkan karya visual yang unik dimana seolah-olah tulisan atau letter tersebut nampak pata atau terbias oleh cahaya dan air adapun hasilnya bisa anda lihat pada beberapa contoh di bawah :


2. Form Simplification
Pada tahun 2017 ini logo yang trending yaitu dengan desain yang mengarah ke minimalism, atau penyederhanaan logo seprti contoh desain logo dibawah ini.


Form Simplification adalah penyederhanaan/peremajaan logo, yang artinya didesain mengubah bentuk logo yang ada menjadi lebih sederhana untuk beberapa alasan tertentu yang mana dalam hal ini sudah sangat banyak sekali perusahaan-perusahaan besar baik nasional maupun ionternasional yang melakukan penyederhanaan logonya seperti Mastercard, Airbnb, Starbuck, bahkan google sekalipun juga mengikuti membuat jenis logo ini menjadi populer.

Berikut beberapa contoh logo form simplification :


3. Hand-Draw
Tehnik hand-draw yang populer sebelumnya pada tahun 2016 masih saja banyak yang meminatinya pada tahun 2017, ini mungkin disebabkan karena proses pembuatannya yang original / buatan tangan (hand made) yang lebih terkesan unik dan bergaya lawas, namun dengan proses pembuatan yang sulit.

Logo ini sangat populer dan banyak digunakan di kafe, cofee shop dan restoran. adapun seperti contoh dibawah :

4. Moving Parts
Ada juga salah satu trend yang paling menarik di tahun ini adalah moving parts, yaitu logo yang memiliki dua atau lebih variasi desain yang ditampilkan dalam bahan cetak dan animasi sehingga nampak begerak dalam ekstensi .GIF berbasis web seperti contoh logo dibawah :


Perhatikan bagaimana bentuk dari Cha.Ology bergeser keposisi yang berbeda, menciptakan beragam lock-up berbeda. demikian pula pada logo 23andMe yang berubah warna dan posisi terus menerus. "Don't be afraid to move around in 2017!". yaa, ini adalah inovasi terbaru dimana dulu logo hanya diam dan statis saja, namun kini dapat berkembang sehingga nampak menarik dan masih tetap elegan.

5. Negative Space
Negative Space adalah logo yang menggabungkan 2 bentuk atau huruf menjadi sebuah logo dengan memanfaatkan ruang negative (ruang kosong) dan mengubahnya menjadi bentuk tertentu. logo negative space ini terlihat sangat sederhana namun juga memiliki nilai estetika yang tinggi, dimana katika melihatnya seolah-olah objek tunggal mampu memberikan kesan dan arti yang lebih jika kita melihat dan memahami ruang negative pada logo tersebut.

Sebenarnya tehnik ini sudah ada dan menjadi trend sejak tahun 2015 lalu dan masih populer sampai sekarang. Berikut contoh logo negative space :

6. Vintage
Sebuah logo Vintage sering dapat menyampaikan rasa kredibelitas dan konektivitas dengan costumer karena logo vintage tidak bermain di modern melainkan di nostalgia, sehingga customer yag melihatnya seakan-akan dibawa kembali ke masa lalu.

Perlu diperhatikan logo ini tidak cocok dipakai untuk logo perusahaan, logo vintage biasa lebih banyak digunakan untuk kafe, restoran, barber shop, clothing, merek produk dan semisalnya. jadi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih logo ini.

7. Minimalism
Kebanyakan logo minimalsm dibuat sedikit lebih tebal(tegas) dan kompleks agar terlihat menonjol dan berbeda dari yang lain, dengan kata lain aspek desain yang ada pada jenis logo ini dengan meprioritaskan emphasis(penekanan). Namun, terkadang desain yang sederhana malah lebih menarik perhatian seperti contoh flat desain yang banyak digunakan akhir-akhir ini.

Tujuan logo adalah untuk memberitahu customer apa yang anda lakukan langsung secara jelas, jadi akan lebih baik jika pesan itu disampaikan dengan cara yang simple dan mudah dimengerti. Karena itulah "logo minimalism" sangat cocok untuk digunakan. Logo ini diterima dengan baik oleh klien potensial karena mudah dipahami, bukan berarti ini adalah logo terbaik.

8. Line Art
Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015, Logo Line Art (Bold & Thin Line Logo) masih mempertahankan posisi dalam industri desain sebagai salah satu desain logo populer dan kemungkinan akan tetap bertahan sampai akhir tahun 2017 mendatang.

Desain ini menggunakan ketebalan garis dengan hanya menggunakan satu warna solid sederhana dan tidak dihiasi dengan ornament - ornament tertentu. Hal ini dapat dilihat dari beberapa contoh desain dibawah. "Simplicity is the ultimate sophisticate", Singkatnya! Desain ini secara keseluruhan memberikan tampilan elegan dengan cara yang sederhana.

Pada akhirnya Penting untuk kita ketahui, bahwa meskipun fakta bahwa trend desain logo bervariasi dari tahun ke tahun, jangan hanya mengikuti trend dari desain-desain itu saja namun jangan melupakan juga filosofi di balik desain logo tersebut tidak pernah berubah, karena pada dasarnya sebuah logo diciptakan bukan hanya untuk meninggalkan kesan yang baik pada pelanggan dan menyampaikan pesan dari brand/perusahaan tersebut, namun juga mewakili perusahaan tersebut, siapa, untuk apa dan apa yang dilakukan perusahaan tersebut.

Jadi, untuk membangun sebuah logo atau desain kita juga harus memahami latarbelakang jelas dari perusahaan tersebut bagaimana langkah tepat  agar desain yang kita buat mampu mewakili perusahaan tersebut hanya secara visual, dan tentunya membuat bagaimana cara sehingga mampu membuat persepsi dan ingatan bahwa logo tersebut sudah pasti milik perusaannya. artinya, mampu membuat lain dari yang lain mulai dari, unsur garis, shape, warna hingga font.

semangat dan selamat berkarya......

Source : www.jagodesain.com

11 comments

Bagus bagus banget desain logo di tahun 2017 ini gan. Kira-kira untuk buat logo seperti Vintage, Negative Space, dan Broken letter dimana ya? Apakah ada font text nya yang compitable dgn photoshop ??

itu bukan masalah font apa gan, tapi kreatifitas kita mengolah font.
banyak kok sobat bisa nyari di Dafont.com, 1000font dll
kalo saya sendiri ngolahnya pake corel draw.....

kalo buat logonya pakai software apa mas?

saya pake corel draw X7 kalo deadline udah mepet..... kalo selo yaa pake Adobe Ilustrator....

mantap gan,btw ada tutor cara buat animasi favicon gak?

Kalo warnet pake logo vintage atau hand draw lucu gak yah? :D

Mantap gan , kalau ada tutorialnya penggunaan Corel draw bakal sering mampir gan hehe

kalo warnet cafe gak masalah gan heheheh cocokologi

mantap gan, ijin coba bikin ah

Keren2 logonya, lumayan buat referensi logo blog ane yang belum ada logonya.


EmoticonEmoticon