pasang iklan disini

Mengenal Typografi dalam Desain Grafis dan Jenisnya

Mengenal Typografi dalam Desain Grafis dan Jenisnya



Hai sobat, selamat datang saya ucapkan kepada kalian yang sudah mampir atau bahkan nyasar di blog ini, yang pertama sebelum kita masuk pada pembahasan topik  mengenai desain huruf atau kata, yang biasa kita sebut dengan typografi Tulisan ini adalah bentuk karya nyata yang benar-benar saya buat. dengan kata lain  blog ini adalah salah satu dari portofolio desain-desainku.

jika kalian adalah bagian dari seorang desainer baik itu pemula ataupun yang sudah high class namun belum memiliki portofolio desain kalian, saya rasa  penting bagi kalian untuk membuat portofolio kalian. hal ini nantinya akan menjadi nilai jual tersendiri untuk diri kita kedepannya dan juga sebagai media dalam rangka branding diri.

oke, disini saya akan menceritakan bagaimana proses pembuatan desain typografi, jika kalian sebelumnya belum terlalu paham apa itu typografi? akan saya  jelaskan dan semoga kalian paham.

Typografi adalah desain grafis yang mengutamakan atau menekankan pada komponen huruf, baik itu bentuk huruf/kata, tata letak, warna. yang kemudian susunan komponen huruf itu dibuat sedemikian rupa hingga membentuk arti atau makna yang lebih luas karena didukung oleh beberapa instrumen warna dan tataletak.

desain grafis typografi pada umumnya digunakan pada pembuatan slogan, poster, ataupun logo. yang mana desain grafis typografi ini akan memberikan penekanan  dalam sebuah poster , atau slogan. penekanan akan didukung dengan bentuk huruf dan warna yang dibuat sedemikian rupa hingga memunculkan estetika dari sebuah  desain grafis typografi.

diera saat ini banyak sekali aliran-aliran typografi, namun yang sering sekali terlihat di lingkungan kita pada umumnya ada 2 yaitu flat typografi, dan vintage typografi.


Flat Typografi

pada aliran ini kebanyakan digunakan oleh mereka yang menyukai bentuk dan tampilan desain yang simpel, hanya menggunakan sedikit unsur warna, jarang  menggunakan gradasi, jika ada pun gradasi yang digunakan terdiri atas unsur warna flat yang dipadukan satu sama lain sehingga menimbulkan efek gradasi. yaa  intinya desain flat typografi ini simple alias gak ribet

namun perlu dipahami simple disini bukan berarti sepele atau sederhana, karena bagi para desainer kata simpel mengandung makna yang sangat rumit, proses  pembuatan yang rumit karena harus memadatkan berbagai unsur estetika serta filosofis kedalam sebuah desain yang simpel tersebut.


Vintage Typografi

banyak yang bilang kalo aliran vintage adalah aliran lama, iya memang benar sekali bahwa vintage adalah desain aliran lama yang berasal dari daratan eropa,  yang kemudian kembali menjadi trend desain di tahun-tahun belakangan ini.

hal inilah yang kemudian menjadi sebuah ganjalan dalam benak kita sebagai bangsa indonesia terutama desainernya, mengapa sangat sulit untuk kita menjadi  trend setter khususnya dalam bidang desain grafis, karna termasuk saya sering sekali bahkan senang mengikuti perkembangan model desain orang luar.

semoga kedepannya kita bisa menjadi desainer-desainer kreatif yang mampu menjadi trend setter desain seluruh dunia ini, hehehhe amin.

unsur desain vintage typografi ini biasanya mengarah kepada gender yaitu feminim (cewek banget) atau maskulin (cowok banget), kemudian menggunakan font atau  jenis huruf yang lebih terkesan ribet seperti font berjenis script.

adapun aplikasi atau penerapannya desain vintage inipun bisa beragam, bisa logo caffe, logo butik, kerajinan, warung kopi dan lain sebagainya, sesuai dengan corak  perusahaan pemilik logo tersebut.



itulah beberapa hal mengenai desain grafis typografi, untuk hal yang lebih luas kalian bisa mengeksplorasi pengetahuan mengenai desain grafis, bisa anda  kunjungi, situs-situs freelancer atau situs portofolio desain grafis seperti , behance.com, dribble, instagram, Fiver.com, Creativemarket.com, dan masih  banyak situs lainnya yang bisa menginspirasi anda untuk mengetahui banyak dan menjadi inspirasi desain anda.

sampai disini tulisan ini kurang lebihnya mohon dimaafkan, semoga bermanfaat dan silahkan baca artikel lainya.


EmoticonEmoticon