pasang iklan disini

Belajar Desain Grafis Otodidak


Belajar Desain Grafis Otodidak

Apa sih desain itu ? pengertian desain itu sendiri diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, atau bisa di artikan yang lainya sesuai kekreatifan diri kita masing-masing, biasanya kita akan membuat rumah kita merluka desain, ingin membuat mobil motor dan lainya kita memerlukan yang namanya desain. Tapi yang kita bahas pada kesempatan blog kali ini adalah Desain Grafis / Design Grafis


Desain Grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.


Software desain grafis pun sangat banyak kita jumpai, ada yang menggunakan CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator dan lain sebagainya yang menurut kita bisa menguasinya, Namun, alangkah baiknya jika kita lebih memilih untuk menguasai satu software desain saja daripada sering berganti-ganti software hal ini justru akan memperlambat kita dalam hal penguasaan software grafis itu sendiri.

Banyak orang tertarik dengan belajar desain grafis karena, dari sinilah kita bisa membuat sesuatu yang mana hasil pekerjaan kita sendirilah yang akan memberikan kepuasan tersendiri untuk kita, dan yang lebih membuat kita puas ketika belajar desain grafis ini adalah ketika karya dari apa yang kita buat sendiri itu ditampilkan atau di pajang orang lain sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang

Saat ini tentu sudah banyak sekali pekerjaan-pekerjaan dari jasa desain grafis yang beragam juga tarif dari pekerjaan tersebut dari yang paling murah hingga yang paling mahal, namun, jika kita bisa membuat desain dengan tangan kita sendiri hal itu jauh lebih menyenangkan, ada sebuah kata-kata yang sangat menginspirasi saya hingga saat ini yaitu "sebagus-bagusnya desain, pasti ada yang tidak suka, dan sejelek-jeleknya desain pasti ada yang suka".

 "sebagus-bagusnya desain, pasti ada yang tidak suka, dan sejelek-jeleknya desain pasti ada yang suka".


Yang paling utama menjadi masalah dalam belajar desain grafis adalah motivasi, sering sekali kita akan merasa jenuh dalam belajar apalagi ketika kita memilih untuk belajar secara otodidak, hal ini akan membuat kita seringkali merasa bosan. dan cara yang paling manjur untuk mengatasi hal ini adalah dengan melihat karya desain grafis yang bagus-bagus, bisa kita lihat di instagram, youtube dan media lainnya untuk mendapatkan inspirasi dan juga motivasi dalam melanjutkan semangat dalam belajar desain grafis.

Karena pada dasarnya seseorang akan tertarik melakukan sesuatu itu ketika ia memiliki kesamaan dengan orang lain sehingga nantinya akan memunculkan motivasi dalam dirinya untuk membuat satu hal baru yang berbeda, dan dari sinilah kita bisa menyimpulkan ada banyak cara yang bisa kita tempuh untuk mendapatkan kembali semangat atau motivasi dalam belajar desain grafis. cara yang sampai saat ini saya lakukan adalah dengan bergabung bersama komunitas desain grafis baik itu secar online maupun offline.


Banyak teman-teman yang berkata bahwa desain grafis itu dimulai ketika dia punya basic atau dasar disekolah atau pendidikan desain grafis, menurut saya, tidak, karena percuma memiliki dasar desain grafis namun tidak memiliki motovasi atau semangat untuk belajar, Begitupula saya sendiri pada awalnya belum atau bahkan sama sekali bisa menggambar dengan baik namun semangat untuk belajar desain grafis saya tekuni dan dulu di waktu kuliah juga pernah belajar satu semester desain grafis jadi alhamdulillah teknik-teknik dalam menggambar manual dan digital bisa saya kuasai.

Jika anda ingin bisa lancar atau bahkan mahir dalam bidang desain grafis maka satu kuncinya, TEKUN teruslah belajar memahami, membaca teorinya lalu kemudian mempraktekannya, begitu seterunya hingga anda bisa lancar dengan sendirinya, dan yang terpenting adalah sukai, cintai apa yang anda lakukan, dengan begitu apapun yang anda lakukan tidak akan sia-sia.

kalau perlu anda bisa mengikuti kursus desain grafis di lokasi yang terdekat atau jika tidak memungkinkan silahkan bergabung di grup-grup desain yang ada di facebook, atau bisa juga di komunitas-komunitas belajar desain grafis online lainnya.

Selanjutnya pada tulisan-tulisan di blog ini yang akan datang saya akan memberikan materi-materi yang berhubungan desain grafis dan komunikasi visual.

Terima kasih telah menyempatkan membaca dan menyimak tulisan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan jangan lupa untuk terus berlatih, berlatih, dan berlatih 1 jam kalian belajar 1 hari kalian mahir 1 tahun karya kalian diapresiasi banyak orang.


EmoticonEmoticon