pasang iklan disini

Tips Sebelum Memilih Kamera DSLR


       Pada era saat ini, minat orang sudah semakin banyak untuk yang namanya berfoto terutama bagi para pebisnis ataupun orang—orang yang  berhobi dalam dunia fotografi. Apalagi saat ini berfoto sudah seperti menjadi kebutuhan kita untuk mengabadikan setiap moment yang kita lalui.
Ada banyak jenis kamera yang bagus untuk memotret mulai dari kamera HP sampai dengan Kamera DSLR, namun dalam segi kualitas Kamera DSLR jauh lebih baik ketimbang kamera-kamera HP atau Digital Pocket.

Kamera DSLR yang dengan kualitasnya yang baik memang sangat degemari dan juga diburu oleh para fotografer mulai dari yang pemula hingga professional. Namun, yang perlui kita ketahui dengan beranggapan bahwa kamera DSLR itu berkualitas bagus belum tentu menjamin sesuai dengan kebutuhan dan selera kita. Dan juga dengan banyaknya jenis kamera DSLR tentunya akan membuat kita bingung dalam memilihnya untuk itu kali ini aku akan memaparkan sedikit bagaimana tips dalam memilih kamera DSLR yang perlu kalian perhatikan.

1. Mencari Informasi Dasar Mengenai Kamera yang akan dibeli
Dalam hal memilih kamera sebelum membeli alangkah baiknya kalian melakukan riset mengenai kamera yang akan dibeli, mengapa...? yaa, agar kalian tidak ada rasa penyesalan setelah membelinya dan merasa puas dengan apa yang kalian dapatkan dari hasil memilih tersebut. Yaa tentunya sangat rugi kan kalo nyesel.
Adapun poin-poinya yaitu memilih kamera yang sebagai berikut :
- Kemampuan kamera dalam mengganti-ganti lensa yang pas dan sesuai dengan kebutuhan.
- Sistem Autofokus kamera yang cepat
- Resolusi Pixel yang tinggi dan juga sensor ISO yang tinggi untuk mampu menjangkau dalam kondisi minim cahaya.
- Menu-menu atau fasilitas kamera yang mendukung sesuai dengan kebutuhan seperti efek.

Namun, selain dari pada kemampuan dan kelebihan tersebut ada kelemahan umum yang harus kalian ketahui mengenai kamera DSLR yaitu: Berat kamera yang berukuran besar dan tentunya berat. Dan juga memotret dengan kamera tidak semudah dengan kamera digital yang dengan mudah mengambil gambar, namun kalian harus menyetting dan menyesuaikan kondisi sebelum memotret dengan kamera DSLR.

2. Jangan pernah melakukan pertimbangan dengan nama merk/brand
Hal ini termasuk salah satu kesalahan umum dalam membeli kamera DSLR terutama jika masih dalam kategori pemula, jangan biarkan merk sebagai pertimbangan utama. Karena pada dasarnya fitur dan kualitas dari berbagai merk Kamera hampir sama untuk kelas pemula. Ada beberapa Perusahaan utama yang memproduksi kamera DSLR keseluruh penjuru dunia yaitu: CANON, NIKON, PENTAX, DAN SONY. Jangan biarkan obsesi kalian dengan salah satu brand/merk kamera membutakan kalian terhadap fitur-fitur kamera DSLR yang lainnya.
Kebiasaan memilih dan melakukan pertimbangan hanya dengan Brand justru memperjelas tujuan kalian membeli kamera hanya untuk memamerkan 

4. konsisten pada merk Kamera DSLR yang telah dipilih
Berbeda ketika kalian membeli kamera pocket, yang mana saat ini kalian sedang menggunakan kamera sonny namun, pada tahun depan kalian ingin mengganti dengan merk Canon. Membeli kamera Dslr sama dengan berinfestasi Body dan lensa dari kamera DSLR merk Canon, dimana ketika kita hendak mencari lensa ataupun body camera ditahun berikutnya kita tidak perlu membeli lagi sepaket. Lain hal kalau kita membeli dengan merk yang berbeda sony misalkan maka kita harus mengganti lensanya karena body dari canon tidak sama dengan lensa yang dipakai sony begitupun sebaliknya. Hal ini sebenarnya lebih efisien dari segi budget.

5. Resolusi
Pada dasarnya ini sesuai dengan kebutuhan kalian seberapa besar resolusi yang ingin kalian pakai, sebelum membeli perhatikan ukuran resolusi sebuah sensor kamera, kamera DSLR saat ini sudah memiliki resolusi yang lebih dari cukup yaitu 21 megapixel keatas. Namun, resolusi yang besar tentunya membutuhkan space memmory yang besar juga untuk itu siapkan memmory dengan kapasitas yang cukup jika sewaktu-waktu kalian mau memotret acara yang besar dan lama.

6. ISO
Hal lain yang tak kalah penting yaitu perhatikan juga ISO yang dimiliki oleh kamera tersebut. ISO adalah sensor sensitifitas cahaya, hal ini penting sekali disaat kalian ingin memotret di tempat yang minim cahaya misal malam hari. Maka, ISO berperan penting untuk mengobati masalah tersebut. Namun semakin besar kamu memasang ISO di tempat gelap maka kualitas gambar yang dihasilkan akan jelek alias noise atau terdapat banyak dead pixel yang terdapat pada foto yang dihasilkan.

Untuk itu biasakan membandingkan dua hasil gambar dari dua kamera dengan ISO yang sama untuk mendapatkan hasil pilihan yang sesuai dengan kalian inginkan.

7. Video
Tentunya vitur ini sangat perlu untuk kalian perhatikan dimana kamera tersebut mampu menghasilkan video dengan kualitas bagus atau tidak. Pada saat ini kebanyakan kamera DSLR sudah memiliki resolusi HD di vitur videonya. Yang perlu diperhatikan lagi dalam video adalah berapa Frame Pers Second (FPS) resolusinya serta Frame Rate dari Video tersebut agar ketika pada saat di olah atau diedit video tersebut mampu terwujud dengan kualitas yang memuaskan.

Namun, dalam menggunakan video pastinya sangat membutuhkan space memory yang besar untuk itu, biasakan membawa memmory card cadangan jika dalam kondisi-kondisi tidak sempat membackupnya ke laptop atau hardisk.

8. Sesuaikan dengan Budget yang dimiliki
Naahh, ini adalah pon terpenting setelah memahami poin-poin diatas, jangan lupa untuk melihat juga berapa harga yang dipatok kamera yang kalian mau ?, sesuai tidak dengan budget yang kalian miliki?. Jika belum, maka jangan ragu untuk menahan keinginan dan menabung lagi.

Yang paling penting lagi jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli apalagi kamera yang akan segera dirilis versi barunya artinya kamera dengan versi sebelum harganya akan jatuh. Dan juga biasanya kamera versi terbaru memiliki vitur yang lebih ketimbang versi sebelumnya. Yaaa, intinya jangan sampai rugi dan nyesel misal kita mau membeli kamera DSLR namun sebulan lagi versi terbarunya akan muncul, maka jangan sungkan untuk menunggu untuk mendapatkan apa yang lebih dari kalian mau.

Okee, itu saja tips sebelum membeli kamera DSLR dimana kalian harus melakukan pertimbangan-pertimbangan dalam memilih sekian banyak Kamera DSLR, agar sesuai dengan keinginan kalian. Semoga Kamera yang kalian inginkan segera berada di tangan  kalian. Hhehehehe
Sekian terima kasih, jangan lupa kamera baru semangat berkarya.......

10 comments

thanks gans buat infonya, jadi tambah wawasan

Sama-sama gan, thanks atas kunjungannya.....

dibeli gan tapi kudu nabung, buat dapet yang bagus hehhehe

nice info gan, kamera juga harus di setting dulu biar hasilnya tambah bagus, jadi menurut saya ga masalah kamera murah asal bisa setting sama photoshop hehehe
kunjungan balik dari : universearoundhumans.blogspot.co.id

wahh mantab infonya jadi pengen beli dslr gan

hehe iya gan, kalo nyettingnya mah abis dibeli dulu..... dewanya mah ada di photoshop....

Mantep nih, bisa jadi panduan nih ketika mau beli kamera... kebetulan bini ngebet banget pengen beli kamera...

Tapi gak tahu juga sih kapan belinya, wkwkwk

makasih tipsnya gan,nice tips😂

sipp gan :) mampir juga ke blogku gan https://tecnologyhappy.blogspot.co.id/2017/03/kerja-sampingan-yang-cocok-untuk.html


EmoticonEmoticon