pasang iklan disini

Persaingan dalam Dunia Freelance dan Motivasinya


Freelancer - Jika anda mendaki gunung dengan tujuan untuk dapat menikmati keindahan yang ada dipuncak sana, sudah benjadi sebuah keniscayaan bahwa anda harus siap tenaga dan fikiran yang tertempa dalam proses mendakinya mulai dari bawah hingga dapat mencapai puncak.Sama halnya dengan kesuksesan, seseorang akan dapat meraihnya tidak dengan usaha yang biasa-biasa saja. namun, dengan semangat kerja keras yang tinggi, terpaan usaha yang tak kecil, sehingga akhirnya mampu membentuk kita menjadi pribadi yang tanggu dan siap untuk meraih kesuksesan, hal ini berlaku untuk segala pekerjaan, apapun yang anda jalani. termasuk freelance desainer.

Persaingan yang ketat membuat freelancer harus benar-benar memeras daya untuk mencari ide yang unik dan berbeda. Selain itu juga harus berani banting harga khususnya bagi para pemula terutama pada situs-situs freelancer seperti freelancer.com atau Behance.com.

Pada situs Freelancer.com anda akan kaget bila penawaran harga untuk mendesain sebuah logo bisa cuma seharga $30 atau sekitar Rp 270.000,-. Kaget? Pasti kagetlah! Saya sendiri kaget "benar-benar banting harga". Karena pada situs-situs kontes logo, sebuah logo yang menang bisa mendapat $200, $300, hingga $1000. Bayangkan perbedaannya jauh sekali kan?
Harga memang menjadi nilai jual utama setelah "reputasi". Klien tentu akan memilih freelancer dengan harga yang murah, cepat dan profesional.
Harga yang murah yaitu $30 tadi bukan bararti selamanya akan segitu karena biasanya penawaran harga ini kebanyakan dilakukan oleh para freelancer baru yang masih mencari kepercayaan klien. Dalam bisnis konvensional saya kira hal ini juga berlaku kan? Nanti kalau kepercayaan klien sudah banyak, job-job akan benyak mengalir baru berani naikin harga.

Disinilah uniknya persaingan di situs freelancer.com. Biarpun sudah banting harga tetap saja klien memilih freelancer yang sudah banyak pengakuannya dari klien (Dapat dilihat dari deretan bintangnya). Apalagi kadang-kadang yang sudah banyak bintangnya tetap aja jual murah. Nah, hal inilah yang terkadang menjadi kendala di dunia desain, dan akhirnya sebagai pendatang baru anda harus siap dihadapkan dengan hal ini.

Beberapa orang yang menjalani pekerjaan ini, mereka mengaku bahwa untuk mendapatkan hasil yang bagus dan memuaskan mereka harus membuat portofolio dan juga mengikuti berbagai kompetisi, dan waktu yang dicapai pun relatif lama dan hal inilah yang membuat mereka terus konsisten untuk mendapatkan portofolio yang banyak.

Yang menjadi motivasi buat kita adalah kalau kita melihat profile freelancer yang sudah sukses ternyata enaknya kalau sudah mendapat banyak bintang, job nya banyak sekali bisa sampai ratusan job dalam seminggu. Wuiih benar-benar mantap biar jualan cuma $30 perjob bikin logo misalnya, tapi kalau ada seratus dalam seminggu jadi berapa tuh totalnya....? Atau tidak perlu banyaklah cukup 10 job aja dalam seminggu, jadi berapa tuh. Wow, Bukan angka yang kecil bukan.

Kebanyakan freelancer di freelancer.com ini saya lihat dari India atau Pakistan. Dari United States, United Kingdom.atau negara lain tapi tidak sebanyak dari India atau Pakistan ini. Apalagi dari Indonesia bisa kehitung... Mungkin mindset dari orang kita sendiri masih kurang mampu konsisten dalam mendaki gunung.


Latest

1 comments:

Pengalaman ikut freelncer.com menggiurkan sih tapi saya ga pernah menang ikut bidding,

pernah di hubungi pribadi dan mengerjakan 2 proyeknya tapi ga di bayar, salah gua juga ga itransaksi via resmi freelancer.com. semoga ke depanya bisa pecah telor. salam kenal mas, ijin follow yah


EmoticonEmoticon