pasang iklan disini

Sejarah Perkembangan Corel Draw Hingga Saat Ini

Sejarah Perkembangan Corel Draw Hingga Saat Ini - Tentu kita saat ini sudah banyak mengenal dengan software atau perangkat lunak yang khusus sering digunakan untuk membuat desain grafis yaitu CorelDraw. Sotfware ini sendiri sangat banyak diminati terutama oleh para perancang grafis atau desainer grafis karena lebih mudah digunakan untuk mendesain, seperti mendesain logo perusahaan, stationery, poster, banner, packaging dan masih banyak yang lainnya. Terbukti dengan semakin bertambahnya pengguna Software grafis lain yang berhijrah menggunakan CorelDRAW.

Sejarah Perkembangan Corel Draw Hingga Saat Ini

Corel Corporation awalnya didirikan oleh Dr. Michael Cowpland pada tahun 1985, pada tahun 1987 Corel merekrut beberapa orang Programer atau pengembang software untuk membangun sebuah software grafis berbasis vector untuk di jadikan satu dengan paket Desktop-publishing Corel. program tersebut yang akhirnya di beri nama CorelDRAW.

CorelDRAW pertama kali di luncurkan pada tahun 1988, CorelDRW di terima luas oleh masyarakat dan akhirnya corel hanya fokus pada pengembangan software. Produk dari Corel Corporation ini sendiri telah di gunakan oleh lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia.

1. CorelDRAW Versi 1.0 (1988)

CorelDRAW Versi 1.0 ini berjalan di bawah windows 3.0 dan 3.1 CorelDRAW ditransformasikan kedalam ilustrasi serius yang mampu menggunakan font. Instalasi software ini hanya menggunakan 2 disket 3.5 inch. Software ini sudah memadai untuk membuat kartu undangan, kartu nama, logo, dan kop surat. Di versi ini sering mengalami perombakan ulang sampai menempuh 5 kali update dalam jangka waktu 1 januari 1989 sampai 2 februari 1990.

2. CorelDRAW Versi 2.0 (1990)

Dalam Versi 2.0 banyak fitur baru antara lain Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang sudut X dan Y menjadi bidang yang perspective).

3. CorelDRAW Versi 2.5 (1992)


4. CorelDRAW Versi 3.0 (1992)

Di versi ini corelDRAW melakukaan perbaikan di efisiensi memory sehingga kinerja corelDRAW bisa lebih cepat. Kini desain dapat dilihat / di preview secara real-time tanpa harus tampilan wireframe lagi. Corel PHOTO-PAINT juga diluncurkan pada versi ini.


5. CorelDRAW Versi 4.0 (1993)

Pada versi 4.0 ini corelDRAW sudah dilengkapi dengan multi-page. Kemampuannya ditingkatkan sebagai software desktop publishing seperti Page Maker. Hanya saja di versi ini harus dibayar dengan penggunaan Resource computer yang lebih tinggi.

6. CorelDRAW Versi 5.0 (1994)

CorelDRAW versi ini lumayan populer dan cukup lama digunakan oleh para Desainer Grafis karena dilengkapi dengan Colour Management, Kalibrasi Layar, Printer, Scanner, Effect Powerclip, Artistic Media, Lens dan Bitmap Effect. Hanya saja versi ini hanya bisa menyimpan file dengan jumlah nama maksimal 8 karakter.

7. CorelDRAW Versi 6.0 (1996)
Karena dengan hadirnya Windows 95, CorelDRAW versi 32-bit ini pun disesuaikan agar bisa berjalan baik disistem operasi baru tersebut. Dalam versi ini tidak banyak fitur baru yang ditambahkan.

8. CorelDRAW Versi 7.0 (1997)

CorelDRAW Versi 7.0 ini lebih stabil dari versi sebelumnya. Banyak fitur baru yang ditambahkan, antara lain :
- Keunggulan dari setiap versi sebelumnya
- Properti bar yang sensitif (Context-sensitive Property bar)
- Print Preview dengan Zoom dan Pan
- Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek)
- mencetak ke dalam HTML
- Draft dan Enhanced display
- Interactive Fill dan Blend tools
- Transparency tools
- Natural Pen tool
- Find & Replace wizard
- Merubah vector menjadi Bitmap (Convert To Bitmaps)
- Pengecek Ejaan (Spell Checker)
- Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar Checker)
- Corel Scan and Corel Barista (Dokumen Pertukaran Format Berbasis Java) juga termasuk dalam versi ini.
Versi ini lebih cepat dari yang sebelumnya dan tidak perlu upgrade hardware untuk menggunakan aplikasi ini.a

9. CorelDRAW Versi 8.0 (1998)

CorelDRAW versi ini hadir dengan fitur Drop Shadow, Distortion Tools, dll. Tapi diperlukan spek hardware yang besar khususnya memory untuk bisa menggunakannya dengan lancar dan stabil

10. CorelDRAW Versi 9.0 (1999)

- CorelDRAW Versi 9.0 ini memiliki fitur tambahan di antaranya :
- CorelR.A.V.E. (Untuk Animasi vector)
- Perfect Shapes
- Web Graphics Tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti button Html)
- Penyortir Halaman (Page Sorter)
- Dokumen Multibahasa (Multilingual Document Support)
- Petunjuk windows (Navigator Windows)

11. CorelDRAW Versi 10.0 (2000)

Pada versi 10.0 ini terdapat versi tambahan seperti : Buka, Simpan, Import dan Eksport dalam format SVG.

12. CorelDRAW Versi 11.0 (2002)

Fitur baru dalam CorelDRAW versi 11.0 ini adalah : Kumpulan simbol-simbol yang langsung dapat diambil, Pemotong Gambar <(Untuk Desain Web), Pressure-Sensitive, vector brushes, 3 Point-Curve(Untuk Menggambar).

13. CorelDRAW Versi 12.0 (2003)

Pada CorelDRAW 12.0 ditambahkan fitur yang biasa ada di AutoCAD seperti Dynamic Guideline danSnap to Object sehingga menggambar akan lebih presisi dan sempurna. Namun proses print pada versi ini sangat lambat.

14. CorelDRAW Versi X3 (2005)

- Fitur baru dari versi ini adalah :
- Shapping Tools memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk - - - memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama)
- Smart fill tool
- Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool
- Ruang {engaturan Gambar (Image Adjustment Lab)
- Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE

15. CorelDRAW Versi X4 (2008)

versi ini dibuat untuk mengatasi kompatibilitas dengan Windows Vista. beberapa fitus juga ditambahkan seperti : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera *.RAW

16. CorelDRAW Versi X5 (2010)

Versi ini kompatible dengan processor multicore dan Sistem Operasi Windows 7.
Fitur tambahannya adalah :
pengaturan isi (Corel CONNECT), Pengelolaan Warna, Alat-alat Grafis dan Animasi, pengembangan Kinerja Multi-core, Konten Digital Bernilai Tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), Pengisyaratkan objek (Object Hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan fitur transparansi, menambahkan dukungan sentuh (Added Touch Support), dan mendukung berbagai format file.
Corel dalam versi ini juga telah mengembangkan Tool Transform yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.

17. CorelDRAW Versi X6 (2012)

Dirilis pada tanggal 20 maret 2012. Versi ini telah tersedia 2 versi, yaitu 32-bit dan 64-bit, tidak banyak fitur yang ditambahkan kedalam versi ini, hanya beberapa penyempurnaan dari fitur sebelumnya.

18. CorelDRAW Versi X7 (2014)

Dalam versi X7 ini CorelDRAW hadir dengan banyak sekali perubahan dibanding versi sebelumnya. diantaranya, Desain Interface yg dapat disesuaikan secara penuh dengan mengambil konsep Metro Desain. Workspace lebih interaktif, fill & transparency tool yang bisa dikontrol sesuai keinginan.
Kemudahan untuk memilih font dengan tampilan yg lebih nyaman, terdapat special effect pada photo editing, layout dan drawing tool yg lebih presisi, dukungan terhadap resolusi tinggi dan multi-display, terdapat QR code generator dan beberapa perbaikan serta peningkatan baik itu pada desain maupun kinerja.

19. CorelDRAW Versi X8 (2016)

Untuk versi ini belum tersedia, namun kabar yang beredar menyebutkan bahwa CorelDRAW X8 akan dirilis pada kuartal Maret 2016 nanti, dan akan ada lebih banyak perubahan dan penyempurnaan dari segi tools, desain, maupun kinerjanya.

Semoga bermanfaat ...


EmoticonEmoticon