pasang iklan disini

Mengenal Bagian Bagian Coreldraw Dan Fungsinya

Mengenal Bagian Bagian Coreldraw Dan Fungsinya

Jika kalian membaca artikel-artikel sebelumnya mengenai software-software apajasa yang digunakan dalam desain grafis, tentunya sudah pastinya kalian memilih software grafis yang cocok untuk kalian, jika kalian sudah memilih software apa yang kalian pakai, kalian perlu mendalami software tersebut dan mempraktekannya. dipostingan kali ini saya akan memberikan sedikit pengenalan Mengenai Bagian Bagian Coreldraw Dan Fungsinya memakai software CorelDraw

Jika belum membaca artikel sebelum nya silahkan membaca : Software Desain Grafis

CorelDraw - memang sangat banyak di gemari banyak orang untuk mendesain grafis, saya akan menjelas kan bagai mana cara menggunakan coreldraw yang benar atau saya akan mejelaskan apa saja yang ada di dalam software tersebut dan macam-macam fungsinya.

Disini saya menggunakan software coreldraw x7, sebelum ke pokok permasalah pastikan kalian bisa membuka software coreldraw jika kalian belum mempunyai software nya silahkan mendownload dan isntal, lalu buka program nya dengan cara klik start --> programs --> coreldraw x7. Atau double klik icon coreldraw pada dekstop kalian, seperti gambar dibawah ini.

Mengenal layar utama Coreldraw

hal yang harus di perhatikan ketika kalian membuka software coreldraw kalian akan di sambut layar depan yang mana kalian akan disuruh memilih lembar kerja kalian, caranya klik new document lalu muncul layar create a new document lalu kalian tentukan kertas nya apa ? panjang pendeknya berapa dan resolusinya, biasanya saya memakai 300dpi lalu ok.
Layar Penentu Kertas


Mengenal layar kerja pada dekstop coreldraw

Layar Lembar Kerja Dekstop

fungsi masing - masing layar pada dekstop

1. Title Bar
 Titel Bar adalah area yang menampilkan judul / nama file yang sedang dibuka.

2. Menu Bar
Menu Bar merupana are yang berisi menu > dengan perintah-perintah yang dikelompokkan berdasarkan kategori yaitu : file, edit, layout, arrange, effects, bitmaps, text, table, tools, windows, dan help.

3. Toolbar / Standar Bar

Toolbars berisi kumpulan icon yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk mempermudah pengaksesan sebuah perintah tool

4. Property Bar

Adalah bagian yang berisi alat-alat yang aktif (active tools) yang akan muncul jika pengguna mengeklik tools tertentu atau membuat objek tertentu. maka dari itu, property bar dapat berubah-ubahdan tidak sama antara satu tools dengan tools yang lainnya.

5. Control Windows
Merupakan kumpulan tombol mengatur tampilan jendela Coreldraw atau jendela drawing yang terdiri dari minimize, maximize, restore, glose.

6. Toolbox
Merupakan bagian utama berupa tools / alat untuk membua, mengisi dan memodifikasi suatu objek ataupun gambar.
macam-macam tool dan fungsinya.

7. Drawing Windows
Merupakan area diluar drawing page yang dapat juga digunakan untuk membuat atau memodifikasi objek.

8. Drawing Page
Merupakan area lembar kerja bentuk persegi dengan ukuran yang bisa di ubah-ubah  mengacu pada ukuran standar kertas, dimana setiap objek yang terdapat pada area tersebut akan di cetak. area ini juga dikenal sebagai printable area, dan objek yang di luar area tidak akan tercetak atau tidak ikut tercetak karna melewati batas area.

9. Ruler
Merupakan batas horizontal dan vertikal yang digunaka untuk membentuk ukuran dan posisi objek pada sebuah gambar.

10. Color Palette
Merupakan bagian yang berisi contoh warna default yang dapat di gunakan untuk langsung mewarnai suatu objek atau tekx.

11. Document Navigator
Adalah area di pojok kiri bawah Drawing Window yang berisi pengontrol untuk berpindah dari satu halaman ke halaman gambar lain.

12. Status Bar
\Menampilkan status objek yang sedang aktif dan posisi kursor di jendela.

13. Navigator
Tombol pada pojok kanan bawah drawing window yang berguna untuk membuka tampilan drawing window dalam ukuran yang kecil. Tombol tersebut dapat membantu kalian untuk bergerak pada gambar yang kalian kerjakan, dan cara kerjanya kalian hanya mengeklik objek dan menahan mouse dan menggeserkan kekanan atau kekiri.

14. Docker
Jendela yang berisi perintah dan setting (penganturan) yang relefan pada alat (tool) tertentu.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon