pasang iklan disini

7 tips membuat vlog



     Semakin hari semakin banyak saja peluang untuk kita mendapatkan hal baru yang mampu menghasilkan profit untuk kita, yaa jelas yahh berbicara soal uang memang sangat menarik perhatian kita, namun semua itu tidak secara Cuma-Cuma kita dapatkan pasti jelas harus ada perjuangan dan karya dalam mendapatkan semua hal itu, nahh salah satunya yang lagi ngehits saat ini yaitu menjadi seorang Youtuber, pada dasarnya kita tdk perlu menjadi seorang ahli editing video baru kita masuk kedalam dunia youtube ini.

       Untuk itu kali ini aku akan sedikit mengulas dan memberikan tips dari hasil pengamatan kecil di youtube, yang merupakan pundi-pundi penghasilan para youtuber saat ini, nahh tentunya kita juga mau dong mendapatkan penghasilan dari salah satu situs yang paling banyak di minati setelah google ini.
Namun yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana bisa menarik perhatian orang lain untuk menonton video yang kita unggah, yaa kan sayang kan kalo kita buat banyak video tapi dengan kualitas apa adanya... yaaa tentunya kita akan menerima apa adanya juga.

      Okeee langsung aja kita masuk ke beberapa tips yang sudah kurangkum di sini, Selamat menyimak.

1. Konten 

Tentunya hal ini menjadi sangat penting yaahh kalo mau buat video, siapkan dulu kita mau buat video yang seperti apa dengan genre gimana, yaaahh intinya konten atau materi apa yang akan kamu bawakan disini. Contohnya :
- Kuliner
- Tutorial
- Travelling
- Humor
- Dll.

2. Lokasi Shooting

Tentukan dimana kamu akan buat video ini, outdoor atau indoor jika indoor maka atur seperti apa suasana tempat yang akan kamu pakai, misal kursi/sofa, meja, lampu gantung dan properti lainnnya kalau outdor yaaa sama namun tidak terlalu ribet soalnya pencahayaan di luar lebih bagus..... yaaahh intinya semua itu agar penonton juga paham apa sih yang kamu bawakan.

3. Alat yang digunakan
Alat disini adalah peralatan yang kamu gunakan untuk mengambil gambar tersebut seperti:
Camera

-Kamera : gunakan kamera yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya, hehehehe pake kamera hp juga gak masalah asal mampu mencukupi kualitas yang bagus, namun usahkan dengan kamera DSLR atau kamera Professional agar mampu mendapatkan hasil gambar yang bening...
Macam-macam Lensa

-Lensa : Sama dengan kamera pakai yang sesuai kebutuhan, Lensa FiX, KIT, atau Tele jika kita membutuhkan dan perlu untuk Shooting jarak jauh.
Rode Audio Recorder

-Audio Recorder :
Gunakan microphone yang memiiliki kemampuan merekam suara dengan jernih, yaaa biar gak ada suara” noise kyk suara angin atau motor lewat gitu, sangat mengganggu tentunya di telinga kita.

4. Cinematografi

Dari segi Cinematografi ini kebanyakan orang memang menggunakan aspect Ratio yang sesuai dengan camera yaitu 16:9 atau widescreen, namun banyak juga yang menggunakan aspect ratio ala-ala film bioskop gitu, yaitu 21:6 hal ini memang hanya beberapa kamera professional saja yang bisa mendapatkan gambar 21:6 tanpa menyusutkan gambar.

Tapi, kamu juga bisa memanipulasinya dengan membuat shape hitam yang menutupi bagian atas bawahnya sesuai dengan ukuran yang ada di safe margin

5. Typografi-text

Kalau yang ini sebenarnya sih sesuai kalian mau makai font apa, namun lagi-lagi kita memang harus memanjakan para penonton bukan untuk diri kita sendiri, tips dariku sih gunakan font yang simpel, tegas dengan makna yang tersampaikan, jangan yang kyk grafity gtu kan kasian susah di bacanya.

6. Coloring

Untuk yang satu ini sebenarnya hanya untuk memperindah saja hasil video kalian seperti mengatur color grading atau membuatnya lebih cerah dan meriah, ataupun effect cinematik, ini juga bisa sangat penting karna dengan warna atau coloring ini mampu menimbulkan suatu kesan/pesan tersirat dalam video kalian.

7. Clossing.

Dan yang terakhir nihh, adalah penutup buatlah kata-kata atau effect yang kalian banget atau ciri khas kalian dalam video tersebut sama sih dengan opening, yaaa biar orang lain mampu mengenal video kalian dan kemudian mengenal siapa kalian.

       Okeee Semuanya itu sedikit tips dariku semoga bermanfaat, dan mampu membuat kalian terinspirasi untuk membuat karya terbaik, semangat berkarya.

1 comments:


EmoticonEmoticon