Konsep Pembuatan Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual
Beberapa waktu lalu kami
mendiskusikan sebuah masalah yaitu mengenai pembuatan tugas akhir mata kuliah
desain komunikasi visual, dalam diskusi tersebut banyak yang dibahas mulai dari
persiapan produksi karya hingga sampai pasca produksi karya.
Karena saking banyaknya yang
dibahas akhirnya akan menimbulkan peristiwa yang namanya “bingung” yaa bingung
memulai darimana dan bagaimana, untuk itu kali ini saya akan menjelaskan
mengenai konsep pembuatan tugas akhir. Karena menurut saya konsep yang baik
adalah konsep yang bukan sekedar terdiri dari unsur-unsur dan kemudian
bagaimana cara eksekusinya, tapi konsep yang sistematislah yang mampu membuat
semuanya baik unsur hingga caranya dapat terorganisir dengan baik.
Lalu, bagaimana cara kita Konsep Pembuatan Tugas Akhir
Desain Komunikasi Visual yang baik dan sistematis itu :
DATA
Ibarat kita ingin memasak suatu
makanan, maka yang pertama kali kita cari adalah bahannya. Dalam hal ini
masalah adalah bahan mentah yang harus kita cari datanya. Kemudian kita olah
data-data dari permasalahan tersebut sehingga pada akhirnya kita menemukan
solusi permasalahan.
Konsep Pembuatan Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual
Dalam perumusan data yang harus
diperhatikan adalah kita menentukan hanya SATU masalah saja dan harus
didapatkan secara objektif, dengan tujuan untuk SATU pesan yang nantinya akan
tersampaikan.
Artinya dalam penentuan masalah
dan data kita harus terfokus dan konsisten terhadap topic yang telah
ditetapkan, hal ini mencegah perpecahan pemikiran tim kerja kalian.
ANALISIS
Data ini kemudian kita analisis
dengan menggunakan teknik SWOT (Strength, Weaknes, Opportunity, Treath) yang
kalo diartikan kita harus menentukan apasaja Kekuatan, kelemahan, keuntungan,
dan ancaman pada masalah tersebut.
Untuk melakukan pendekatan antar
kelompok bisa dilakukan dengan cara BRAINSTORMING atau pencarian gagasan
bersama, untuk menemukan gagasan atau ide dibutuhkan kerja sama tim yang baik
yang bertujuan untuk saling mengembangkan pemikiran atau gagasan yang
didapatkan.
PESAN
Selanjutnya yaitu adalah
penyusunan pesan yang telah ditetapkan diawal pencarian data dan masalah.
Dengan syarat, pesan yang akan disampaikan harus diolah sedemikian rupa dengan
dukungan elemen-elemen visual yang mendukung sehingga dapat tersampaikan dengan
baik.
Untuk pesan sendiri disesuaikan
dengan target kita, dalam melihat target harus dilakukan riset terlebih dahulu
dengan mempertimbangkan hal-hal penting seperti Demografi, Geografi, dan
Psikografi. Aspek inilah yang nantinya akan mempertimbangkan seperti apa desain
visual yang akan dibuat.
EVALUASI
Yang terakhir adalah proses
penyempurnaan karya visual yang telah melalui tahap revisi dalam hal teknis,
seperti kesalahan penulisan, atau kotor yang kemudian dibersihkan. Setelah
melalui tahap penyempurnaan oleh tim kerja. Dan disepakati bersama, barulah
karya visual tersebut dapat di implementasikan atau di pamerkan dan disebarkan.
Begitulah tahapan sistematika
singkat yang semoga mempermudah penyelesaian tugas akhir dalam bentuk desain
komunikasi visual, dilain waktu akan saya share bagaimana pembuatan tugas akhir
video atau film.
Tags: tugas akhir desain produk,tugas akhir desain grafis,tugas akhir desain komunikasi visual,tugas akhir desain produk itb,tugas akhir desain produk pdf,tugas akhir desain multimedia,tugas akhir desain,contoh abstrak tugas akhir desain interior,contoh abstrak tugas akhir desain komunikasi visual,latar belakang tugas akhir desain grafis,contoh latar belakang tugas akhir desain grafis,contoh tugas akhir desain grafis,contoh tugas akhir desain komunikasi visual
EmoticonEmoticon