pasang iklan disini

Tips Memilih Kost yang Pas dan Nyaman

 
   Pada awal tahun ajaran baru ini tentunya banyak sekali siswa lulusan SMA/SMK mulai memikirkan akan kuliah dimana...? tinggal dimana...? besar biaya hidup....? dan beberapa pertanyan lainnya yang mulai menumpuk di kepala sehingga menimbulkan banyak sekali pertimbangan untuk kuliah, itu pada awal ingin kuliah.

      Kemudian kita diterima di universitas yang kita inginkan, maka akan timbul lagi pemikiran bagaimana saya tinggal....? apalagi jika kita di teima di kampus yang letaknya di  luar Kota kita atau bahkan luar Provinsi, akan banyak sekali kebingungan dari berbagai macam pertimbangan kita. Sangat bertuntung jika kita memiliki keluarga atau sanak saudara yang kebetulan tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari kampus kita dan juga tentunya bersedia untuk kita tumpangi. 

      Lalu, bagaimana jika tidak ada ? yaaa, salah satu solusinya adalah tinggal di kost, memang hal ini tentunya akan merogoh kocek kita. Ada beberapa kost yang menyediakan sistem pembayaran perbulan ataukah pertahun, tinggal kita yang memilih dan juga sesuai dengan katong kita tentunya.

      Setelah kita memutuskan untuk tinggal di kost, akan ada lagi kebingungan di benak kita, bagaimana kita akan memilih untuk mendapatkan kost yang sesuai dengan keinginan kita ? karena, tak jarang beberapa mahasiswa yang sering berpindah-pindah kost lantaran tak sesuai dengan harapan, hal ini bisa jadi akan rumit, iya kalau kita berpindah ketempat yang sesuai kalau tidak ? tentunya hanya akan menambah beban dan juga merogoh kocek yang tak sedikit. Begitupula dengan kita yang akan masuk ke zona kost, untuk mengantisipasi hal itu ada beberapa tips tentang bagaimana memilih kost yang tepat untuk kita :


Lokasi terdekat
Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh dimana letak kost kita dan berapa jarak ke kampusnya, memilih kost yang terdekat adalah solusi terbaik, karena akan ada masanya dimana kalian berangkat kuliah kemudian jam kosong dari dosen yang dadakan, atau ada acara dadakan dan lain sebagainya kemudian kalian merasa jenuh di kampus maka solusinya adalah kembali ke kost untuk beristirahat. Kost yang jauh akan membuat kalian berpikir panjang “pulang atau tidak ?” hal ini akan membuang-buang waktu kamu. Jadi kost terdekat akan menjadi solusi terbaik untuk menenangkan fikiran kamu.


Sesuaikan budget
     Setelah memilih lokasi terdekat, ini belum selesai karena biasanya penyedia kost atau induk semang akan memasang harga yang tinggi, tentunya tiap kota berbeda-beda. Dan yang paling pasti adalah perhatikan kost tersebut berada di sekitaran kampus apa? biasanya kampus yang cenderung “mahal” maka kost-kost di sekitarnya pun akan mahal berbeda dengan kampus yang “murah” tentunya akan lebih terjangkau untuk kita.


Kondisi Kost
     Jika kamu adalah tipe orang yang menomorsatukan kuliah dan bukan gaya hidup maka pilihlah kost yang menunjang untuk belajar, kondisi kost tentunya akan mempengaruhi pembelajaranmu, kost itu kondusif ataukah ramai? apabila kamu adalah tipe orang yang lebih suka sendiri dan berkarya maka kost dengan tipe “sepi” dalam artian memiliki aturan sehingga tak banyak yang datang ke lingkungan kostmu adalah pilihanmu, kamu bisa saja membuatnya ramai dengan menghadirkan teman-temanmu. Dan jika kamu tidak suka yang “sepi-sepi” maka pilihlah yang ramai namun yakinkan bahwa itu tidak mengganggu belajarmu.

Fasilitas Kebutuhan
     Inilah yang akan kita tinjau lagi, apa saja yang di fasilitasi oleh kost tersebut ? atau apa saja fasilitas yang di berikan oleh induk semang kepada kita ? tentunya fasilitas ini sesuai dengan berapa besar uang sewa kita. Namun, yang terpenting adalah fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan pokok kita terlebih dahulu, ada beberapa kost yang memberikan fasilitas WIFI/INTERNET, Kamar mandi, kasur, lemari meja dan lain sebagainya. Setelah itu perhatikan dan pilihlah kamar kost yang sesuai dengan kebutuhanmu, misal dekat dengan kamar mandi jika tidak ada kamar mandi dalam, kemudian pilihlah luas kamar kost dan juga fasilitas kost yang ada di calon kamar kostmu. Agar kedepanya rasa nyaman tinggal di stu lebih tinggi.


Setelah beberapa pertimbangan di atas kamu sekarang bisa benar-benar menentukan kemana kamu akan menyewa kost, seperti apa kost yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tentunya tidak terlalu menguras apalgi membebani kantong.

Itulah eberapa tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalamanku sendiri memilih dan berpindah-pindah kost, hehehehe. Sekian saja tips dari saya semoga bermanfaat dan semangat kuliah kawan, dan jangan lupa jadilah mahasiswa kreatif dan inovatif.


EmoticonEmoticon