pasang iklan disini

Mengenal Bagian-Bagian ToolBox CorelDraw Lengkap


ToolBox - Hal yang terpenting dalam memahami sebuah software adalah memaksimalkan alat atau tool yang ada dengan kata lain jika diibaratkan desain adalah tanaman kita sedangkan software adalah ladang, kita tidak bisa mendapatkan panen hasil tanam yang memuaskan jika cara menggunakan alatnya saja tidak tahu atau bahkan tidak tahu namanya. untuk itu, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan dan merangkum beberapa tools yang penting untuk diketahui dalam sofware grafis corel draw, berikut ini saya paparkan :

Baca juga artikel sebelumnya : Mengenal Bagian - bagian Coreldraw Lengkap

Kali ini saya akan menjelaskan apa saja yang ada di dalam toolbox dan apa saja fungsi dan penggunaanya. Toolbox mempunyai macam-macam alat yang bisa kita gunakan untuk menggambar dan memodifikasi suatu objek, ada yang berguna untuk menggambar, mewarnai dan lain-lain.

1. Pick Tool

Tool default berfungsi untuk memilih objek yang di gambarkan dengan lambang anak panah kegunaanya yaitu untuk mengaktifkan semua sarana -sarana operasi yang terdapat dalam tampilan Coreldraw yaitu untuk menunjuk perintah, menunjuk objek dan mengaktifkan objek.

2. Shape Tool

tool yang berfungsi untuk melakukan pengeditan secara halus dan terutama untuk objek curva dan text dengan memanipulasi jumlah node pada objek curva atau text sesuai kebutuhan.

3. Crop Tool

Crop tool fungsi nya dalah untuk memotong dan menghapus sebuah objek curva ataupun bitmaps

4. Zoom Tool

Zoom tool digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suatu objek secara positif dan negatif, pembesaran dengan perbandingan 1 : 1 serta perbesaran objek terpilih dan sebagainya.

5. Freehand Tool

Freehand tool adalah tool untuk pembuatan berbagai  model garis, curva, dan menggambar bebas. dalam tool ini terdapat beberapa tool yang memiliki fungsi yang sama antara lain : 2-point line, bezier, artistic media, pen, b-spline, polyline, 3-point curve.

6. Smart Fill Tool

Smart fill tool digunakan untuk memberi warna bidang dan warna outline sekaligus dapat memberikan efek duplikasi dan grouping pada bidang berbeda-beda dengan warna yang sama dari smart fill tool.

7. Ratangle Tool

Tool ini digunakan untuk pembuatan objek kotak, bujur sangkar, persegi atau segi empat.

8. Ellipse Tool

Tool ini digunakan untuk pembuatan objek lingkaran baik berupa elips/oval, pie atau arc.

9. Polygon Tool

Tool ini digunakan untuk membuat objek segitiga, segiempat, segilima dan objek-objek polygon lainnya, dalam tool ini terdapat juga tool star, compleks star, graph paper, spiral.

10. Basic Shape Tool


Tool ini digunakan membentuk objek berbentuk dasar yang sudah disiapkan oleh program coreldraw secara default seperti bubble comment, arrow shape, banner shape, dan lain-lain.

11. Text Tool

Tool ini digunakan untuk membuat teks artistic dan tool ini mempunyai tool lain yaitu paragraph formatting dan charakter formatting pada sub menu text.

12. Table Tool

Table tool digunakan untuk membuat table pada coreldraw untuk mengatur banyak nyya kolom dan baris.

13. Parallel Dimension Tool 

Fungsi dan parllel dimension tool ini adalah untuk menggambar garis parallel yang menunjuk ukuran suatu objek ataupun luasnya.

14. Straigth-Line Connector Tool

Tool ini berfungsi untuk menggambar sebuah garis lurus untuk menghubungkan dua buah objek, dan tool ini terdapat pada coreldraw x5 ke atas.

15. Blend Tool

Blend tool berfungsi untuk mencampur (blend) dua buah objek dengan memadukan perubahan bentuk objek dan warna yang komplek antara kedua objek yang di campurkan.
dalm tool ini terdapat beberapa tool lainnya, yaitu :
     1. Contour Tool : digunakan untuk membuat serangkai bentuk konsentris dari sebuah objek.
     2. Distort Tool : digunakan untuk mendistorsi objek dengan menerapkan efek push & pull, zipper            dan efek twister.
     3. Drop Shadow : digunakan untuk membuat bayangan sebuah objek curva, text ataupun gambar.
     4. Envelope : digunakan untuk mengubah bentuk sebuah objek atau text dengan mengubah atau              menyeret node dari bentuk aslinya.
     5. Extrude : digunakan untuk membuat efek 3D pada suatu objek, tool ini juga digunakan untuk              membuat long shadow.
     6. Transparancy : digunakan untuk memberikan efek transparansi di sebuah objek baik curva, text ataupun bitmatps.

16. Color Eyedropper Tool

Tool ini digunakan untuk mengambil sample atau contoh warna yang berupa prosentase campuran warna dari objek yang terpilih dan di terapkan kepada objek lain agar warnanya sama.

17. Outline Pen Tool

Tool ini untuk mengatur segala sesuatu tentang outline atau garis sisi luar objek meliputi ketebalan, warna, menghapus outline dan sebagainya.

18. Fill Tool

Tool ini digunakan untuk mengatur segala sesuatu tentang fill objek atau warna dari objek, meliputi pengaturan warna, menghapus outline dan sebagainya.

19. Interative Fill Tool

Tool ini untuk membuat gradasi warna pada sebuah objek curva, text di coreldraw.

itulah beberapa tools yang penting untuk kita kenal baik icon, nama hingga fungsinya dalam membuat sebuah karya desain grafis, pada akhirnya teruslah berlatih dan berlatih hingga bisa anda dapatkan hasil yang memuaskan.


EmoticonEmoticon